Mudah Menyusun Proposal Part 2



Lanjutan dari postingan kemaren nih guy's....
Kemarin kita sudah  bahas bagaiamana cara penyusunan proposal penelitian, sub-sub bab'nya sampai dengan waktu dan tempat penelitian,, nah kalo temen-temen sudah selesai nyusun proposal sampai dengan waktu dan tempat penelitian,, bisa langsung lanjut garap ini.. hayu ah smangat. kopi'y jangan lupa .. hehe
cikibrott...



K. Tinjauan Pustaka
Tinjauan pustaka merupakan dasar kita berpijak dari sisi kajian teori dan kerangka pemikiran. Tinjauan pustaka harus dibuat dengan cukup lengkap agar seluruh bagian dari karya ilmiah kita didukung oleh konsep teoritis. Konsep teori tidak saja dapat diperoleh dari buku teks maupun buku literatur, landasan teori juga bisa berasal dari jurnal, publikasi, majalah, white paper , telaah, Kitab suci, undang-undang serta peraturan Pemerintah, bahkan penelitian atau skripsi sebelumnya. Namun, kita juga perlu memperhatikan tingkat kesahihan/kekuatan dan kualitas dari teori tersebut.
Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menyusun tinjauan pustaka:
1.      Pastikan tinjauan pustaka mengacu pada versi teori terbaru.
2.      Tulislah tinjauan pustaka secukupnya, jangan terlalu sedikit sehingga akan terdapat ulasan yang tidak terdukung oleh teori, maupun terlalu banyak, sehingga pembaca akan menjadi bosan akibat muatan teori yang tidak perlu. Menulis karya ilmiah, sekali lagi, bukan ajang pemecahan rekor MURI membuat skripsi paling tebal sedunia.
3.      Pastikan rumus, variable, parameter dan proksi yang akan kita gunakan selama penelitian telah didukung teori secara memadai.
Nah dalam penyusunan tinjauan pustaka ini kita harus membagi masing-masing dari variabel dan sub-subnya dan hanya menggunakan teori yg mendukung secukupnya, misalnya kita meneliti perputaran piutang, berarti kita masukkan teori piutang, prputaran piutang, pertingnya perputaran piutang dan pengukuran perputaran piutangnya, tidak kurang dan tidak lebih dari teori yang hanya berkaitan dengan variabel yang kita teliti. Lebih jelasnya kita simak example berikutt... hehe

K.1 Variabel X1
K.1.a Definisi X1
Ceritakan urgensi variabel X1 diikuti dengan definisi Menurut ahli,,,,, contoh meneliti variabel Persediaan :
Investasi modal dalam aktiva lancar yang paling besar adalah pada persediaan, adanya persediaan barang sebagai elemen utama dari modal kerja merupakan aktiva yang selalu dalam keadaan berputar dan secara terus menerus mengalami perubahan, oleh karena itu investasi dalam persediaan adalah suatu bentuk investasi yang adanya dipentingkan oleh perusahaan.
Menurut R. Agus Sartono ( 2010;443) :
“Persediaan pada umumnya merupakan salah satu jenis aktiva lancar yang jumlahnya cukup besar dalam suatu perusahaan.hal ini mudah dipahami karena persediaan merupakan faktor penting dalam menentukan kelancaran operasi perusahaan
Ditinjau dari segi neraca persediaan adalah barang-barang atau bahan yang masih tersisa pada tanggal neraca, atau barang-barang yang akan segera dijual, digunakan atau diproses dalam periode normal perusahaan”

*)MASUKKAN 3-5 DEFINISI MENURUT AHLI
*) SIMPULKAN DEFINISI VARIABEL X1 DARI BEBERAPA DEFINISI AHLI YANG KITA MASUKKAN
K.1.b Jenis-jenis X1
#pada bagian ini bisa juga menggunakan sub indikator variabel X1 dengan beberapa teori ahli.
K.1.c Manfaat X1

K.1.d Pengukuran X1

Kecermaatan mengambil teori tinjauan pustaka ini tergantung pemahaman dan berapa banyak bahan refrensi kita,, jadi jangan malas untuk membaca,, hehe.. kita juga bisa menambahkan sub judul yang dianggap penting dalam mendukung teori variabel yang akan kita teliti, jadi jangan terpatok sama contoh pada artikel ini yee,,, hehe
Selanjutnya Untuk penyusunan Tinjauan pustaka Variabel X2 dan variabel Y juga sama dengan penyusunan variabel X1.. contoh sub bab.nya :
K.2 Variabel X2
K.1.a Definisi X2
K.1.b Jenis-jenis X2
K.1.c Manfaat X2
K.1.d Pengukuran X2
K.3 Variabel Y
K.1.a Definisi Y
K.1.b Jenis-jenis Y
K.1.c Manfaat Y
K.1.d Pengukuran Y
Inget ye guy’s,,, isi sub-sub babnya dengan teori,, jangan ngasal... hehe
K.4 Hubungan antar variabel
Pada Bagian tinjauan pustaka tentang hubungan antar variabel ini kita harus lebih cermat untuk mencari refrensi pendapat ahli, carilah pendapat ahli yang membahas teori hubungan antar variabel yang akan diteliti, misalnya kita meneliti variabel kas dan rentabilitas, maka kita harus mencari pernyataan teori yang membahas dua kata (variabel) tersebut dan bisa lebih dari satu alenia, trik mencari teoritis yang seperti ini adalah dengan menelusuri pembahasan bab refrensi pada bigian variabel dependent’nya sehingga ada kalimat yang menghubungkan dengan variabel independent atau variabel intrvenning, sperti contoh diatas maka variabel dependent’ny adalah kas, kita cari teori tentang kas sehingga kita temukan teori kas itu berhubungan dengan pencapaian rentabilitas.
Point dari sub judul ini, untuk penelitian 3 variabel, korelasi simultan :
1. teori Hubungan Variabel X1 terhadapY
2. teori Hubungan Variabel X2 terhadapY
3. teori Hubungan Variabel X1 dan X2 terhadapY
Untuk yang memakai variabel intervenning yang selain data ordinal :
1. teori Hubungan Variabel X1 terhadapX2
2. teori Hubungan Variabel X2 terhadapY
Untuk yang memakai variabel intervenning data ordinal :
1. teori Hubungan Variabel X1 terhadapX2
2. teori Hubungan Variabel X2 terhadapY
3. teori Hubungan Variabel X1 terhadapY melalui X2

L. Journal Peneliti terdahulu
Journal dari peneliti terdahulu adalah refrensi hasil penelitian dari peneliti yang mendahului kita dan mempunyai kesamaan variabel dengan variabel yang akan kita teliti, yang harus diperhatikan dalam journal ini adalah metode penelitian apa yang dipakai dalam penelitian, persamaan variabel dengan yang akan kita teliti dan abstraknya. Contoh tabel jornalnya :
Nama Peneliti
Judul
Hasil Penelitian
Persamaan Variabel

# isi kolom Nama peneliti beserta Unv’y dan tahun penelitiannya, contoh : Toyib (Unwir : 2012)
# isi judul kolom judul sama persis dg judul penelitian terdahulu
# isi kolom hasil penelitian dg copas Abstrak penelitiannya
# isi kolom persamaan variabel yang akan kita teliti (hanya persamaan variabelnya saja)

M. Kerangka Pemikiran
Berhubung saya sudah membuat postingan trik mudah menyusun kerangka pemikiran, jadi untuk temen-temen yang ingin menyusunnya bisa langsung ikutin tuh trik penyusunannya, untuk yang belum membacanya klik Disini


Donlot Artikel ini Diini


Smoga Bermanfaat... !!

Postingan ini saya persembahkan untuk kawan-kawan mahasiswa fakultas Ekonomi Universitas Wiralodra Indramayu


0 komentar:

Poskan Komentar

ssstttttttt.....


jika agan-agan sekalian ingin soft file yang berkaitan dengan blog ane, agan bisa hubungi ane lewat email, FansPage Facebook atau twitter.. karena ane tidak selalu memantau Blog ini setiap hari..
mohon maklum ya gan.. :)

Facebook : Adad Danuarta

Twitter : Adad5Gibranz

Nama asli Achmad Musaddad, biasa di panggil ADAD,, tanggal lahir 6 maret 1990 di indramayu, cucu dari Kyai Irsyad bin IKROM BIN MUNJIYAT BIN WADINGAH BIN MISKIYAH BIN PENGHULU BEO BIN KYAI MUHAMMAD CANGKRING BIN TOLABUDDIN BIN PANGERAN CILIK (ASAL DARI PALEMBANG – SUMATRA SELATAN)yang keturunan dari Sultan MALIKUS SALEH (W. 1297 M/676 H) yang dikenal dengan Nama "ARYA DAMAR".
SDN tinumpuk 2 SMPN 2 Juntinyuat SMK PGRI Indramayu Universitas Wiralodra Indramayu

SMS GRATISS !!

Copyright © 2012 Adad DanuartaTemplate by : UrangkuraiPowered by Blogger.Please upgrade to a Modern Browser.