Trik mudah menyusun Kerangka Pemikiran

ehemmmm,,,,,,
gimanah nih kabar penyususnan proposalnya,,, lancar ??
hehe,, 

setelah kemarin-kemarin saya sempet berbagi pengetahuan trik menyusun latar belakang, pada kesempatan ini saya akan coba berbagi ili tentang trik mudah menyusun kerangka pemikiran dalam penelitian..

bagi yang belum baca trik mudah menyusun latar belakang hayo baca dulu,, sekalian langsung digarap tuh proposalnya... jangan lupa sambil ngopi juga... hehe

kerangka pemikiran harus ada dalam proposal penelitian sebagai gambaran variabel atau kasus yang akan kita teliti dengan pendekatan logika.. okkee deh langsung ajah simak guy's... cara mudah menyusun kerangka pemikiran..

Kerangka pemikiran adalah suatu diagram yang menjelaskan secara garis besar alur logika berjalannya sebuah penelitian. Kerangka pemikiran dibuat berdasarkan pertanyaan penelitian (research question), dan merepresentasikan suatu himpunan dari beberapa konsep serta hubungan diantara konsep-konsep tersebut (Polancik, 2009), biasanya kerangka pemikiran biasanya diletakkan di bab 2, setelah sub bab tentang Tinjauan Studi (Related Research) dan Tinjauan Pustaka. Penamaan kerangka pemikiran bervariasi, kadang disebut juga dengan kerangka konsep, kerangka teoritis atau model teoritis (theoritical model). Seperti namanya yang beraneka ragam, bentuk diagram kerangka pemikiran juga bervariasi.

Komponen utama pada kerangka pemikiran yang dikembangkan  adalah Independent Variables (variabel bebas), Dependent Variables (variabel terikat), Levels (indikator dari variabel bebas yang akan diobservasi), Measures (indikator dari variabel terikat yang akan diobservasi). 
Disini saya akan coba menjelaskan aplikasi penyusunan kerangka pemikiran yg menggunakan metode korelasi 3 variabel,

Maksud dari kerangka pemikiran itu sendiri adalah bagaimana alur logika berjalannya variabel dalam penelitian, contohnya kita meneliti pengaruh persediaan terhadap laba, brarti kita menceritakan bagaimana alur logika/kronologi persediaan dalam perusahaan tersebut sehingga berpengaruh terhadap laba. Perbedaan Kerangka pemikiran dengan Latar belakang adalah, jika pada latar belakang kita menceritakan alur keinginan yang hati kita untuk meneliti sebuah kasus nah pada kerangka pemikiran ini kita menjelaskan kronologi variabel dan hubungan antar variabel pada aplikasinya.

Awali narsi kerangka pemikiran dengan menceritakan urgensi variabel X1, contoh kalimatnya, mislkan kita meneliti persediaan (x1) :

Perusahaan memiliki persediaan dengan maksud untuk menjaga kelancaran operasinya... . . . . . .”


Lanjutkan dengan definisi menurut ahli tentang variabel tersebut (X1), contoh :

Menurut Manahan P. Tampubolon (2005:131)
“Persediaan yang tinggi memungkinkan perusahaan memenuhi permintaan yang mendadak. Meskipun demikian persediaan yang tinggi akan menyebabkan perusahaan memerlukan modal kerja yang makin besar pula.”


Kemudian susun narasi tentang X2, sama halnya dengan menyusun narasi X1, kita jelaskan urgensi X2 pada sebuah perusahaan dan diikuti dengan pendapat ahli, misal X2 kita meneliti tentang Hutang Lancar, contoh kalimatnya :

Hutang lancar merupakan kegiatan  yang diambil perusahaan karena adanya konsekuensi-konsekuensi pembelian yang tidak memungkinkan perusahaan untuk membayar secara cash ataupun kebijakan perusahaan dalam mengatur pembelanjaannya. . . . .


Harus diperhatikan, jika kita meneliti dengan hipotesis intervenning maka kita harus membuat narasi hubungan X1 dan X2 dulu, misalnya kita meneliti Persediaan (x1) dan Hutang lancar (X2) :

Namun dalam menjalankan kegiatan, keadaan keuangan perusahaan terkadang tidak stabil, sehingga perusahaan mengambil hutang lancar sebagai pengganti modal sementara untuk kegiatan operasionalnya. Pengambilan hutang lancar merupakan kebijakan perusahaan dikala modal sendiri yang digunakan tidak memungkinkan untuk menutupi kebutuhan dalam kegiatan operasionalnya,

Lanjutkan dengan pendapat ahli :

Menurut Kasmir (2008:40) 
“Utang Lancar merupakan kewajiban atau utang perusahaan pada pihak lain yang harus segera dibayar, jangka waktu utang lancar adalah satu tahun. Oleh karena itu utang lancar disebut juga Utang Jangka Pendek.”


Nahh,, langkah selanjutnya kita nyatakan urgensi 2 variabel tersebut (X1 dan X2) dan dihungkang dengan variabel Y, misalnya variabel Y kita meneliti Return on Asset. Untuk hipotesis yang simultan, contoh kalimatnya :

Baik persediaan maupun hutang lancar keduanya mempunyai peranan penting bagi perusahaan dalam rangka mengembalikan asset yang digunakannya dalam kegiatan operasional (Return on Asset)

Dan untuk hipotesis yg memakai variabel intervenning contoh kalimaynya :

Dengan demikiandapat dikatakan melalui pengambilan hutang lancar perusahaan dapat memenuhi kebutuhan dalam mengadakan persediaan dalam rangka mengembalikan asset yang digunakannya dalam kegiatan operasional (Return on Asset)


Setelah itu baru kita jelaskan urgensi variabel Y diikuti dengan pendapat ahli, misal kita meneliti variabel Y return on asset (ROA), contoh kalimatnya :

Pengembalian total asset yang digunakan perusahaan dalam kegiatan perusahaan merupakan suatu cara mengukur profitabilitas, hal ini penting diperhatikan karena perusahaan haruslah dalam keadaan menguntungkanuntuk mempertahankan kelangsungan hidup usaha......

Lanjutkan dengan pendapat ahli :

 Menurut Susan Irawati (2007:59), yang menyatakan bahwa :
Return On Assets adalah kemampuan suatu perusahaan (aktiva perusahaan) dengan seluruh modal yang bekerja di dalamnya untuk menghasilkan laba operasi perusahaan (EBIT) atau perbandingan laba usaha dengan modal sendiri dan modal asing yang digunakan untuk menghasilkan laba dan dinyatakan dalam persentase. Return On Assets sering kali disebut sebagai Rentabilitas Ekonomi (RE) atau Earning Power.


Selanjutnya kita simpulkan cara kerja dari 3 variabel tersebut, contoh kalimat penelitian variabel simultan :

Berdasarkan uraian diatas,  dapat dikatakan persediaan dan hutang lancar mempunyai hubungan yang erat terhadap return on asset pada  perusahaan.
Contoh kalimat variabel intervenning :
Berdasarkan uraian diatas,  dapat dikatakan persediaan melalui pengambilan hutang lancar mempunyai hubungan yang erat terhadap return on asset pada perusahaan.


Gimanah guy’s.. memang agak rumit, tp coba ikuti langka demi langkah, satu persatu setiap contoh kalimatnya diaplikasikan pada judul yang temen2 tliti.. setelah itu koreksi, pasti mudah deh.. hehe..


Nahh,, pada ahir bagian kerangka pemikiran ini kita gambarkan desain peneletian yang akan kita lakukan.. contoh desain penelitian variabel simultan :


H1: X1  berpengaruh terhadap Y
 H2 : X2 berpengaruh terhadap Y
 H3 : X1 dan X2 secara bersama-sama berpengaruh terhadap Y







Desain penelitian variabel intervenning selain pake alat ukur ordinal, (biasanya pada penelitian manajemen keuangan yang memakai rasio)



H1 : X1 berpengaruh terhadap X2
H2 :   X2 berpengaruh terhadap Y


Desain penelitian variabel intervenning yang pake alat ukur ordinal, (biasanya digunakan pada penelitian manajemen SDM dan Pemasaran)


  H1 : Pengaruh kompensasi terhadap motivasi kerja
H2 : Pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja karyawan
  H3 : Pengaruh kompensasi terhadap kinerja karyawan melalui motivasi kerja

gmanah tmen-tmen,, mudah bukan mennyusun dan mendesai keranga pemikiran,, hehe
bagi yang ingin download artikel ini klik disini 

Smoga bermanfaat. . .

Postingan ini saya persembahkan untuk kawan-kawan mahasiswa fakultas Ekonomi Universitas Wiralodra Indramyu

27 komentar:

  1. kal0 kerangka pkr n bagannya utk penelitian kualitatif gmn bang?

    BalasHapus
  2. penyusunan kerangka pemikiran metode kuanlitatif dan kuantitatif sama ajah gan, yang membedakan adalah alat ukurnya. biasanya kualitatif memakai angket.

    BalasHapus
  3. mksh bro... cukup membantu pemahaman. trus berkarya

    BalasHapus
  4. dapet pencerahan setelah baca postingannya. thx

    BalasHapus
  5. Saya Wuri, boleh minta no tlp tdk? Biar bs bicara langsung, sy sdg masuk makul metode penelitian, sy mau minta bimbinganlah klw boleh mengenai judul saya...trims. wuri Jakarta.

    BalasHapus
  6. Artikelnya bagus, mudah dipahami. Terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
  7. insyaAllah mudah dipahami, timakasih atas postingannya mas Adad,,

    BalasHapus
  8. postingannya sangat membantu....thx.

    BalasHapus
  9. terima kasih banyak.. postingan ini sangat bermanfaat..

    BalasHapus
  10. kerangka pemikiran diletakkan di bab berapa yak??

    BalasHapus
  11. Efektifitas pengelolaan modal usaha untuk meningkatkan profitabilitas bagaimana yh kerangka pikirnya

    BalasHapus
  12. postingannya berat, susah dimengerti

    BalasHapus
  13. judul proposal saya pengaruh intensitas penggantian sekam terhadap bobot AYAM PEJANTAN....KERANGKA pemikirannya gimana ya? msh bingung heee

    BalasHapus
  14. kebetulan lagi nyusun skripsi nih.. kurang paham mengenai kerangka berpikir.. hadohh :'( mata kuliah metlitnya gagall.. thanks ilmunya

    BalasHapus
  15. dpet pencerahan nih, thanks gan,,,kebetulan kemaren kerangka pemikiran ane dicoret habis :v

    BalasHapus
  16. makasih udaha di berikan pencerahan caranya.

    BalasHapus
  17. Makasih kak, sudah di beri pencerahan. Membantu banget, saya tinggal ganti" kalimat dengan variabelnya saja.

    BalasHapus
  18. itu pada akhirnya menggambarkan paradigma kerangka penelitian.
    nah kalau skema kerangka penelitiannya gimna cara buatnya ?

    BalasHapus

ssstttttttt.....


jika agan-agan sekalian ingin soft file yang berkaitan dengan blog ane, agan bisa hubungi ane lewat email, FansPage Facebook atau twitter.. karena ane tidak selalu memantau Blog ini setiap hari..
mohon maklum ya gan.. :)

Facebook : Adad Danuarta

Twitter : Adad5Gibranz

Nama asli Achmad Musaddad, biasa di panggil ADAD,, tanggal lahir 6 maret 1990 di indramayu, cucu dari Kyai Irsyad bin IKROM BIN MUNJIYAT BIN WADINGAH BIN MISKIYAH BIN PENGHULU BEO BIN KYAI MUHAMMAD CANGKRING BIN TOLABUDDIN BIN PANGERAN CILIK (ASAL DARI PALEMBANG – SUMATRA SELATAN)yang keturunan dari Sultan MALIKUS SALEH (W. 1297 M/676 H) yang dikenal dengan Nama "ARYA DAMAR".
SDN tinumpuk 2 SMPN 2 Juntinyuat SMK PGRI Indramayu Universitas Wiralodra Indramayu

SMS GRATISS !!

Copyright © 2012 Adad DanuartaTemplate by : UrangkuraiPowered by Blogger.Please upgrade to a Modern Browser.