Trik mudah menyusun latar belakang

hayy,, hayy,,,  apa kabar kawan-kawan....
dalam postingan ini saya akan menjelaskan trik mudah menyusun latar belakang penelitian, karena spertinya kebanyakan teman2 mahsiswa fakultas ekonomi - manajemen Unwir hususnya, sudah melawati tahap ACC judul hehe...

yuk mari simak . . .




Latar belakang penelitian sebenarnya merupakan pertanyaan mengenai kenapa kita tertarik untuk meneliti judul yang kita ajukan pada perusahaan, pertanyaan tersebut dijawab dengan narasi yang disebut latar belakan.

Demikian kita jelaskan alasan kita ingin meneliti judul yang kita ajukan dengan wawasan yang kita miliki, kejadian-kejadian yang berhubungan dg variabel yang kita teliti pada instansi, dan korelasinya dengan teori refrensi.

Sperti kbanyakan orang jelaskan, penjelasan latar belakang ditulis mengerucut ke bawah. Saya akan coba jelaskan aplikasi pembuatan latar blakang yang sperti ini,, jgn lupa bikin kopi dulu, hehe.

.Mulai tulis narasi kita dengan kejadian umum yang terjadi saat-saat ini, seperti contoh kalimat 

“dwasa ini ekonomi global semakin mempengaruhi kegiatan perusahaan dalam melakukan persaingan”. 

Lanjutkan narasi samapai pada penjelasan kejadian umum itu dikaitkan dengan perusahaan yang kita teiti,misalnya kta meneliti perusahaan dagang, contoh kalimat :

“persaingan tersebut menuntut perusahaan dagang untuk lebih analitif...........”

Pnjelasan tentang kejadian yang terjadi pada perusahaan tersebut dilanjutkan dengan pembahasan variabel yang diteliti, misalnya diperusahaan dagang tersebut kita meneliti variabel persediaan, contoh kalimat :

“dalam persaingan yang seperti itu, perusahaan harus jeli menentukan kualitas dan kuantitas persediaan yang akan dioperasikan,” lanjutkan alasannya, seperti contoh kalimat : “karena persediaan yang terlalu banyak memungkinkan perusahaan mengalami penumpukan persediaan dan kekurangan persediaan akan mengakibatkan perusahaan tidak dapat memenuhi pesanan pelanggannya”

Demikian juga kita jelaskan masing-masing variabel yang kita teliti dihubungkan dengan erusahaan dan kejadian yang identik dengan permasalahan variabel.

Selanjutnya kita jelaskan huungan antar variabel, misalnya kita meneliti variabel persediaan terhadap profitabilitas, contoh kalimat :

“dengan demikian dapat dikatakan ketepatan menentukan persediaan akan mempengaruhi profitabilitas yang dicapai perusahaan.
 Ahir narasi, sperti kalimat :
“dari uraian peristiwa tersebut peneliti tertarik untuk meneliti judul ..........................................(Judul anda)...............................”

Nah,, kurang lebih seperti itu cara penyusunan latar belakang penelitian, ada kata yang harus dihindari dalam narasi latar belakang ini, seperti kat “Salah satu” lebih baik menggunakan kata “Suatu”, kata “mungkin”, “sepertinya” dan semua kata yang menunjukkan keraguan kita dalam pembahasan.

Sebagai contoh berikut saya berikan latar belakang penelitian saya waktu nyusun proposal dulu, hehe, cikidot :

Dewasa ini kegiatan perekonomian terutama dalam bidang perdagangan sangat pesat berkembang, hal ini disebabkan karena semakin banyaknya masyarakat yang memulai usahanya dengan membuka usaha perdagangan, oleh karena itu dalam era persaingan sekarang ini perusahaan harus mahir dalam merancang strategi yang akurat dan mampu bersaing dengan perusahaan lain. Perusahaan dagang dalam menginvestasikan modalnya dalam bentuk aktiva tetap, aktiva lancar maupun aktiva tak berwujud merupakan suatu kegiatan yang memerlukan perhitungan dengan melihat kemampuan  perusahaan itu sendiri. Investasi perusahaan dalam bentuk aktiva lancar terutama dalam persediaan menjadi pokok penting yang harus direncanakan guna mengoptimalkan kegiatan operasional perusahaan. 
Kegiatan perusahaan menyedikan barang sangat riskan dengan kerugian, karena penumpukan persediaan yang  terlalu banyak akan memerlukan modal kerja yang makin banyak pula, hal ini memungkinkan investasi modal untuk kegiatan lain jadi terhambat. sedangkan persediaan yang sedikit memungkinkan perusahaan tidak dapat memenuhi kebutuhan pelanggannya.
Efisiensi dan efektifitas adalah kunci utama manajemen perusahaan, juga mengenai kegiatan-kegiatan perusahaan dalam menghadapi persaingan, dengan strategi kegiatan yang melihat kekuatan dan kelemahan perusahaan itu sendiri akan membantu perusahaan tetap survive dan mendapatkan laba yang diharapkan.
Keadaan modal kerja dalam menjalankan kegitan operasional perusahaan tidak selalu stabil sehingga tidak memungkinkan perusahaan untuk memenuhi kekurangan persediaan maupun menutupi kewajiban jangka pendek seperti pembayaran gaji karyawan, pajak-pajak bulanan ataupun kewajiban jangka panjang yang sudah jatuh tempo, hal ini merupakan tantangan bagi perusahaan untuk tetap menjalankan operasionalnya walaupun dalam keadaan kekurangan modal, jika kondisi demikian maka kebijakan pengambilan hutang lancar (hutang jangka pendek) menjadi suatu  solusi untuk berusaha terus menjalankan dan mengoptimalkan kegiatan operasionalnya.
Perusahaan mengambil hutang lancar dengan alasan untuk menutupi kekurangan modal sementara yang nantinya akan bisa ditutup  dengan hasil perolehan laba. Kaitannya dengan alokasi investasi dalam persediaan dengan modal yang menggunakan hutang lancar mempunyai resiko tersendiri bagi  perusahaan ketika persediaan tersebut mengalami penumpukan, sehingga barang dalam persediaan itu jadi usang dan mengalami penurunan kualitas, harga jual menurun dan akhirnya akan berpengaruh pada laba yang dihasilkan perusahaan.
Bagi perusahaan baik investasi dalam persediaan maupun hutang lancar, keduanya mempengaruhi modal yang harus digunakan dalam kegiatan operasional perusahaan yang secara tidak langsung akan berpengaruh pula pada laba atau rugi yang diperoleh perusahaan, tentunya resiko ini juga akan berpengaruh lebih lanjut pada seberapa banyak keuntungan keuntungan yang menjadi hak milik modal sendiri atau rentabilitas modal sendiri.
Atas dasar permasalahan inilah penelitian ini dimaksudkan untuk melakukan pengujian lebih lanjut , maka Peneliti merasa terdorong untuk melakukan penelitian denga judul : “pengaruh investasi dalam persediaan dan hutang lancar terhadap rentabilitas modal sendiri”.


Smoga Bermanfaat...

0 komentar:

Poskan Komentar

ssstttttttt.....


jika agan-agan sekalian ingin soft file yang berkaitan dengan blog ane, agan bisa hubungi ane lewat email, FansPage Facebook atau twitter.. karena ane tidak selalu memantau Blog ini setiap hari..
mohon maklum ya gan.. :)

Facebook : Adad Danuarta

Twitter : Adad5Gibranz

Nama asli Achmad Musaddad, biasa di panggil ADAD,, tanggal lahir 6 maret 1990 di indramayu, cucu dari Kyai Irsyad bin IKROM BIN MUNJIYAT BIN WADINGAH BIN MISKIYAH BIN PENGHULU BEO BIN KYAI MUHAMMAD CANGKRING BIN TOLABUDDIN BIN PANGERAN CILIK (ASAL DARI PALEMBANG – SUMATRA SELATAN)yang keturunan dari Sultan MALIKUS SALEH (W. 1297 M/676 H) yang dikenal dengan Nama "ARYA DAMAR".
SDN tinumpuk 2 SMPN 2 Juntinyuat SMK PGRI Indramayu Universitas Wiralodra Indramayu

SMS GRATISS !!

Copyright © 2012 Adad DanuartaTemplate by : UrangkuraiPowered by Blogger.Please upgrade to a Modern Browser.