Net Present Value (NPV) Menurut Para Ahli






Net Present Value

Definisi Net Present Value
Setiap perusahaan menginvestasikan modal dalam usahanya dengan harapan memperoleh keuntungan dari investasi yang ditanamkannya, prediksi pengukuran seberapa keuntungan tersebut bisa diperoleh oleh perusahaan dari jumlah investasi yang dikeluarkannya adalah dengan Net Present Value (NPV).
Menurut R. Agus Sartono (2010:195) menyatakan bahwa :
“Net Present Value adalah Selisih antara present value aliran kas bersih atau sering disebut juga dengan procceed dengan present value Investasi”
Menurut Freddy Rangkuti (2012:159) :
“NPV merupakan salah satu alat ukur untuk mengetahui profitabilitas investasi yang kita tanamkan”
Menurut Dina A. (2010:198) :
“NPV (net present value) merupakan nilai dari proyek yang bersangkutan yang diperoleh berdasarkan selisih antara cash flow yang dihasilkan terhadap investasi yang dikeluarkan.”

Keungguln Net Present Value
Menurut Freddy Rangkuti (2012:159) menyatakan bahwa net present value mempunyai keunggulan dalam mengetahui profitabilitas investasi, yaitu :
1.    Dapat mengetahui time value of money atau nilai rupiah saat ini memiliki nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rupiah yang akan diterima dimasa yang akan datang.
2.    Menggunakan seluruh nilai cash flow yang dimiliki suatu proyek.
3.    Perhitungan NPV bersifat objektif karena menggunakan ukuran yang sudah jelas yaitu estimasi cash flow dan discount rate.
4.    Bersifat Value-additivitty principle, masing-masing NPV  suatu proyek dapat dijumlahkan. Artinya, jumlah NPV tersebut dapat meningkatkan nilai suatu perusahaan. Selain itu, kita dapat mengevaluasi nilai masing-masing proyek.
5.    Metode NPV selalu Konsisten dengan tujuan memaksimalakan nilai suatu proyek.

Perhitungan NPV
Menurut Bambang Riyanto (2012:128) NPV dapat dihitung menggunakan Rumus :
Keterangan :
K = Discount Rate
At = Cash Flow
t = Periode
n = periode terahir dimana cashflow diharapkan

0 komentar:

Posting Komentar

ssstttttttt.....


jika agan-agan sekalian ingin soft file yang berkaitan dengan blog ane, agan bisa hubungi ane lewat email, FansPage Facebook atau twitter.. karena ane tidak selalu memantau Blog ini setiap hari..
mohon maklum ya gan.. :)

Facebook : Adad Danuarta

Twitter : Adad5Gibranz

Nama asli Achmad Musaddad, biasa di panggil ADAD,, tanggal lahir 6 maret 1990 di indramayu, cucu dari Kyai Irsyad bin IKROM BIN MUNJIYAT BIN WADINGAH BIN MISKIYAH BIN PENGHULU BEO BIN KYAI MUHAMMAD CANGKRING BIN TOLABUDDIN BIN PANGERAN CILIK (ASAL DARI PALEMBANG – SUMATRA SELATAN)yang keturunan dari Sultan MALIKUS SALEH (W. 1297 M/676 H) yang dikenal dengan Nama "ARYA DAMAR".
SDN tinumpuk 2 SMPN 2 Juntinyuat SMK PGRI Indramayu Universitas Wiralodra Indramayu

SMS GRATISS !!

Copyright © 2012 Adad DanuartaTemplate by : UrangkuraiPowered by Blogger.Please upgrade to a Modern Browser.