Perputaran Modal Kerja Menurut Para Ahli




PERPUTARAN MODAL KERJA


Modal Kerja merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan karena perusahaan selalu membutuhkan modal kerja untuk membiayai operasinya sehari-hari, misalkan untuk memberikan persekot pembelian barang dagangan, membayar upah buruh, gaji pegawai, dan lain sebagainya, dimana dana yang telah dikeluarkan itu diharapkan dapat kembali lagi masuk dalam perusahaan dalam waktu yang pendek melalui hasil penjualannya.


Pengertian Modal Kerja       

Menurut Sri Dwi Ari Ambarwati (2010:112), menyatakan bahwa :
Modal kerja adalah modal yang seharusnya tetap ada dalam perusahaan sehingga operasional perusahaan menjadi lebih lancar serta tujuan akhir perusahaan untuk menghasilkan laba akan tercapai.
Menurut Kasmir (2011:250), menyatakan bahwa :
Modal kerja diartikan sebagai investasi yang ditanamkan dalam aktiva lancar atau aktiva jangka pendek, seperti kas, bank, surat-surat berharga, piutang, persediaan, dan aktiva lancar lainnya.
Menurut Susan Irawati (2006:89), menyatakan bahwa :
Modal kerja merupakan investasi perusahaan dalam bentuk aktiva lancar atau current assets.
Jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa modal kerja adalah modal yang digunakan untuk melakukan kegiatan operasi perusahaan sebagai investasi yang ditanamkan dalam aktiva lancar atau aktiva jangka pendek.

Jenis-jenis modal kerja
Modal kerja sendiri mempunyai jenis-jenis tertentu yang disebutkan sesuai dengan kapasitas atau kondisi kebutuhan modal kerja dalam suatu perusahaan.
Menurut Sri Dwi Ari Ambarwati dan Bambang Riyanto (2010:112) yang berdasarkan pendapat AW Taylor, modal kerja dibedakan menjadi dua, yaitu :
1.       Modal kerja permanen
Adalah modal kerja yang harus ada dalam perusahaan untuk memenuhi kebutuhan konsumen berupa barang jadi. Modal kerja permanen dibedakan menjadi :

a.   Modal kerja primer
Adalah modal kerja minimal yang harus dimiliki perusahaan agar dapat terus beroperasi.
b.   Modal kerja normal
Adalah modal kerja yang harus ada dalam perusahaan agar dapat beroperasi dalam kapasitas normal.

2.       Modal kerja variabel
Adalah modal kerja yang selalu berubah proporsional dengan perubahan kapasitas produksi. Modal kerja ini terdiri dari :

a.   Modal kerja musiman
Modal kerja yang berubah sesuai perubahan musim/permintaan, misalnya permintaan yang besar pada waktu hari raya.
b.   Modal kerja siklis
Modal kerja yang berubah akibat fluktuasi konjungtor.
c.   Modal kerja darurat
Modal kerja yang berubah sesuai dengan keadaan yang terjadi di luar kemampuan perusahaan.


Konsep modal kerja
Modal kerja dibagi menjadi beberapa konsep, dalam artian dalam suatu neraca perusahaan, konsep modal kerja dibagi-bagi lagi.
Menurut Sri Dwi Ambarwati (2010:114), seperti yang juga dikutip oleh Bambang Riyanto (1995) bahwa ada tiga konsep modal kerja, yaitu :
a.     Modal kerja kuantitatif
Modal kerja menurut konsep ini adalah keseluruhan elemen aktiva lancar, sehingga disebut modal kerja bruto karena tidak memperhatikan utang jangka pendeknya. Misal : kas, efek, piutang, dan persediaan.

b.     Modal kerja kualitatif
Modal kerja dalam konsep ini adalah semua elemen aktiva lancar dikurangi seluruh utang jangka pendek yang harus dibayar perusahaan.

c.     Modal kerja fungsional
Modal kerja menurut konsep ini adalah dana yang digunakan perusahaan dalam mencapai laba. Misal : kas, piutang dagang, persediaan barang dagangan, penysutan mesin, penyusutan bangunan dan gedung. Sedangkan efek, baru menjad modal kerja jika sudah terjual.

Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan konsep modal kerja kuantitatif sebagai dasar acuan penelitian.


Sumber modal kerja
Kebutuhan akan modal kerja mutlak disediakan perusahaan dalam bentuk apa pun. Oleh karena itu untuk memenuhi kebutuhan tersebut, diperlukan sumber-sumber modal kerja yang dapat dicari dari berbagai sumber yang tersedia.
Menurut Kasmir (2011:256), menyatakan bahwa :
        Sumber-sumber dana untuk modal kerja dapat diperoleh dari penurunan jumlah aktiva dan kenaikan passiva. Berikut ini beberapa sumber modal kerja yang dapat digunakan, yaitu :

1.  Hasil operasi perusahaan
2.  Keuntungan penjualan surat-surat berharga
3.  Penjualan saham
4.  Panjualan aktiva tetap
5.  Panjualan obligasi
6.  Memperoleh pinjaman
7.  Dana hibah, dan
8.  Sumber lainnya


Faktor-faktor yang mempengaruhi modal kerja
Modal kerja yang dibutuhkan perusahaan harus segera terpenuhi sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Namun, terkadang untuk memenuhi kebutuhan modal kerja seperti yang diinginkan tidaklah selalu tersedia. Hal ini disebabkan terpenuhi tidaknya kebutuhan modal kerja sangat tergantung kepada beberapa faktor yang memenuhinya. Oleh karena itu, pihak manajemen dalam menjalankan kegiatan operasi perusahaan terutama kebijakan dalam upaya pemenuhan modal kerja harus selalu memperhatikan faktor-faktor tersebut.
Menurut Kasmir (2011:254), menyatakan bahwa :
Ada beberapa faktor yang mempengaruhi modal kerja, yaitu :

a.  Jenis perusahaan
b.  Syarat kredit
c.   Waktu produksi
d.  Tingkat perputaran persediaan

Begitu pula menurut pendapat R. Agus Sartono (2010:386), yang menyatakan bahwa :
Besar kecilnya modal kerja perusahaan merupakan fungsi dari berbagai faktor seperti :

1.  Jenis produksi yang dibuat
2.  Jangka waktu siklus operasi
3.  Tingkat penjualan, semakin tinggi tingkat penjualan maka kebutuhan investasi pada persediaan juga akan semakin besar
4.  Kebijakan persediaan
5.  Kebijakan penjualan kredit
6.  Seberapa jauh efisiensi manajemen aktiva lancar.

Pengertian Perputaran Modal Kerja
Antara penjualan dengan modal kerja terdapat hubungan yang erat.  Bila volume penjualan naik investasi persediaan dan piutang juga meningkat, ini berarti juga meningkatkan modal kerja. Untuk menguji efisiensi penggunaan modal kerja, peneliti dapat menggunakan perputaran modal kerja (working capital turnover). Working Capital Turnover  (WCT) yaitu rasio yang memperlihatkan adanya keefektifan modal kerja dalam pencapaian penjualan.
Modal kerja selalu dalam keadaan operasi atau berputar dalam perusahaan selama perusahaan yang bersangkutan dalam keadaan usaha. Periode perputaran modal kerja dimulai dari saat dimana kas diinvestasikan dalam komponen-komponen modal kerja sampai saat dimana kembali lagi menjadi kas.
Menurut Kasmir (2011:182), yang menyatakan bahwa :
        Perputaran modal kerja atau working capital turn over merupakan salah satu rasio untuk mengukur atau menilai keefektifan modal kerja perusahaan selama periode tertentu. Artinya seberapa banyak modal kerja berputar selama satu periode atau dalam satu periode.
Menurut Bambang Riyanto (2008:335), yang menyatakan bahwa :
working capital turn over adalah kemampuan modal kerja berputar dalam suatu periode siklis kas (cash cycle) dari perusahaan.
Menurut S. Munawir (2007:80), yang menyatakan bahwa :
Ratio ini menunjukkan hubungan antara modal kerja dengan penjualan dan menunjukkan banyaknya penjualan yang dapat diperoleh perusahaan (jumlah rupiah) untuk tiap rupiah modal kerja.
Untuk menilai keefektifan modal kerja dapat digunakan ratio antara total penjualan dengan jumlah modal kerja rata-rata. Tingkat perputaran (turnover rate) modal kerja atau aktiva lancar dapat pula dihitung dari neraca dan income statement pada suatu saat tertentu.
Rumus Perputaran Modal Kerja
Menurut Bambang Riyanto (2008:64), metode perhitungan :
Current Asset Turnover = (net sales)/(average current aset)
Average Current Asset = (C.A permulaan+C.A akhir tahun)/2

1 komentar:

ssstttttttt.....


jika agan-agan sekalian ingin soft file yang berkaitan dengan blog ane, agan bisa hubungi ane lewat email, FansPage Facebook atau twitter.. karena ane tidak selalu memantau Blog ini setiap hari..
mohon maklum ya gan.. :)

Facebook : Adad Danuarta

Twitter : Adad5Gibranz

Nama asli Achmad Musaddad, biasa di panggil ADAD,, tanggal lahir 6 maret 1990 di indramayu, cucu dari Kyai Irsyad bin IKROM BIN MUNJIYAT BIN WADINGAH BIN MISKIYAH BIN PENGHULU BEO BIN KYAI MUHAMMAD CANGKRING BIN TOLABUDDIN BIN PANGERAN CILIK (ASAL DARI PALEMBANG – SUMATRA SELATAN)yang keturunan dari Sultan MALIKUS SALEH (W. 1297 M/676 H) yang dikenal dengan Nama "ARYA DAMAR".
SDN tinumpuk 2 SMPN 2 Juntinyuat SMK PGRI Indramayu Universitas Wiralodra Indramayu

SMS GRATISS !!

Copyright © 2012 Adad DanuartaTemplate by : UrangkuraiPowered by Blogger.Please upgrade to a Modern Browser.