Rentabilitas Menurut Para Ahli






Rentabilitas

Pengertian Rentabilitas
Salah satu tujuan perusahaan pada umumnya yaitu memperoleh laba sesuai dengan yang telah direncanakan, untuk itu diperlukan penjelasan yang efektif dan efisien atas sumber daya yang ada.
Menurut Bambang Riyanto (2011:59) bahwa:
“Rentabilitas suatu perusahaan menunjukan perbandingan antara laba dengan aktiva atau modal yang menghasilkan laba tersebut.”
Menurut Munawir (2010:33) bahwa:
“Rentabilitas adalah kemampuan perusahaan menghasilkan laba selama periode tertentu.”
Jadi dari berbagai pendapat diatas, dapat disimpulkan rentabilitas adalah perbandingan antara laba dengan modal yang menghasilkan laba tersebut.
Rentabilitas suatu perusahaan diukur dengan kesuksesan perusahaan dan kemampuan menggunakan aktivanya secara produktif, dengan demikian rentabilitas suatu perusahaan dapat diketahui dengan memperbandingkan antara laba yang diperoleh dalam suatu periode dengan jumlah modal perusahaan tersebut

Macam-Macam Rentabilitas
Modal perusahaan pada dasarnya dapat berasal dari pemilik perusahaan (modal sendiri) dan dari kreditur (modal pinjaman).
Sehubungan dengan adanya dua sumber modal tersebut, maka rentabilitas suatu perusahaan dapat dibagi menjadi dua, yaitu:

1.    Rentabilitas Ekonomi
Menurut Bambang Riyanto (2011:33) bahwa:
“Rentabilitas ekonomi ialah perbandingan antara laba usaha dengan modal sendiri dan modal pinjaman yang dipergunakan untuk menghasilkan laba tersebut dan dinyatakan dalam presentase.”
Oleh karena itu, pengertian rentabilitas sering digunakan untuk mengukur efesiensi penggunaan dengan seluruh modal yang bekerja didalamnya untuk menghasilkan laba.
Modal yang diperhitungkan untuk menghitung rentabilitas ekonmi hanyalah modal yang bekerja didalam perusahaan (operating capital assets). Dengan demikian yang ditanamkan dalam perusahaan lain atau modal yang ditanamkan dalam efek (kecuali perusahaan efek) tidak diperhitungkan untuk menghitung rentabilitas ekonomi hanyalah laba yang berasal dari operasi perusahaan, yaitu yang disebut laba usaha (net operating income)
2.    Rentabilitas Modal Sendiri
Rentabilitas modal sendiri adalah perbandingan antara jumlah laba yang tersedia bagi pemilik modal sendiri disuatu pihak dengan jumlah modal sendiri yang menghasilkan laba tersebut.
Menurut Bambang Riyanto (2011:44) bahwa:
“Rentabilitas modal sendiri adalah kemampuan suatu perusahaan dengan modal sendiri yang bekerja didalamnya untuk menghasilkan keuntungan.”
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Rentabilitas
Menurut Bambang Riyanto (2011:37) tinggi rendahnya rentabilitas ekonomi dipengaruhi oleh dua faktor:
1.    Profit margin

Profit margin adalah perbandingan antara laba usaha dengan penjualan bersih yang dinyatakan dalam persentase.

Profit Margin=(Net Operating Income)/(Net Sales)×100%

Dengan kata lain dapatlah dikatakan bahwa profit margin ialah selisih antara net sales dengan operating espenses (harga pokok penjualan + biaya administrasi + biaya penjualan + biaya umum), selisih mana dinyatakan dalam presentase dari net sales.
Besar kecilnya profit margin pada setiap transaksi sales ditentukan oleh 2 faktor yaitu net sales dan laba usaha. Besar kecilnya laba usaha atau net perating income tergantung kepada pendapatan dari sales dan besarnya biaya usaha.

2.    Turnover of operating assets (tingkat perputaran aktiva)

Turnover of operating assets adalah kecepatan perputaran operating assets dalam suatu periode tertentu. Turnover assets dapat ditentukan dengan membagi net sales engan operating assets.

Turnover of Operating Assets=(Net Sales)/(Operating Assets)×100%
Dengan demikian dapatlah dikatakan bahwa profit margin dimaksudkan untuk mengetahui efisiensi perusahaan dengan melihat kepada besar kecilnya laba usaha dalam hubungannya dengan sales, sedangkan operating assets turnover dimaksudkan untuk mengetahui efesiensi perusahaan dengan melihat kepada kecepatan perputaran operating assets dalam suatu periode tertentu. Hasil akhir dari percampuran kedua efisiensi profit margin dan operating assets turnover menentukan tinggi rendahnya earning power. Oleh karena itu makin tinggi tingkat profit margin atau operating assets turnover masing-masing atau keduanya akan mengakibatkan naiknya earning power.


Pengertian Rentabilitas Modal sendiri
 Menurut Bambang Riyanto (2007:44) :
“Rentabilitas Modal Sendiri adalah perbandingan antara jumlah laba yang tersedia bagi pemilik modal sendiri dengan jumlah modal sendiri yang menghasilkan laba tersebut, atau dengan kata lain dapatlah diartikan bahwa Rentabilitas Modal Sendiri adalah kemampuan suatu perusahaan dengan modal sendiri yang bekerja didalamnya untuk menghasilkan keuntungan”.

Menurut Susan Irawati (2006;61) :
“Rentabilitas modal sendiri (RMS) adalah perbandingan jumlah laba yang tersedia bagi pemilik modal sendiri disatu pihak dengan jumlah modal sendiri yang menghasilkan laba tersebut dilain pihak. Atau rentabilitas modal sendiri merupakan kemampuan suatu perusahaan dengan modal sendiri yang bekerja didalamnya untuk menghasilkan laba”.

Menurut Lukman Samsudin (2009:64) :
“Rentabilitas Modal sendiri merupakan suatu pengukuran dari penghasilan (income) yang tersedia bagi pemilik modal perusahaan atas modal yang mereka investasikan didalam perusahaan”
Dari definisi-definisi diatas dapat disimpulkan Rentabilitas Modal Sendiri atau RMS adalah Kemampuan perusahaan untuk meraih keuntungan dengan modal sendiri dengan perbandingan Modal Sendiri yang digunakan dan keuntungan yang diperoleh darinya.
 Pengukuran Rentabilitas Modal Sendiri
Rentabilitas Modal Sendiri atau Return of Equity (ROI) . Rasio ini mengukur seberapa banyak keuntungan yang menjadi hak pemilik modal sendiri. karena itu dipergunakan laba setelah pajak. angka modal sendiri juga sebaiknya dipergunakan angka rata-rata.
Menurut Suad Husnan (2006;74) Perhitungan rentabilitas modal sendiri ini adalah dengan membandingkan besarnya modal sendiri yang digunakan dan laba yang diperoleh. Dengan rumus :
Rentabilitas Modal sendiri =  ( Laba Setelah pajak)/(Rata-rata modal sendiri) X 100%

3 komentar:

  1. makasih mas, boleh tanya gak judul buku yang pengarangnya Bambang Riyanto, apa yaa? makasih sebelumnya

    BalasHapus
  2. Hallo mas mau tanya perbedaan rentabilitas sama profitabilitas sama nggak ?

    BalasHapus

ssstttttttt.....


jika agan-agan sekalian ingin soft file yang berkaitan dengan blog ane, agan bisa hubungi ane lewat email, FansPage Facebook atau twitter.. karena ane tidak selalu memantau Blog ini setiap hari..
mohon maklum ya gan.. :)

Facebook : Adad Danuarta

Twitter : Adad5Gibranz

Nama asli Achmad Musaddad, biasa di panggil ADAD,, tanggal lahir 6 maret 1990 di indramayu, cucu dari Kyai Irsyad bin IKROM BIN MUNJIYAT BIN WADINGAH BIN MISKIYAH BIN PENGHULU BEO BIN KYAI MUHAMMAD CANGKRING BIN TOLABUDDIN BIN PANGERAN CILIK (ASAL DARI PALEMBANG – SUMATRA SELATAN)yang keturunan dari Sultan MALIKUS SALEH (W. 1297 M/676 H) yang dikenal dengan Nama "ARYA DAMAR".
SDN tinumpuk 2 SMPN 2 Juntinyuat SMK PGRI Indramayu Universitas Wiralodra Indramayu

SMS GRATISS !!

Copyright © 2012 Adad DanuartaTemplate by : UrangkuraiPowered by Blogger.Please upgrade to a Modern Browser.